Senin, 22 November 2010

MANUSIA DAN KEADILAN

Manusia sebagai makhluk Tuhan adalah makhluk tertinggi yang gejala-gejala istimewa yang hanya terdapat pada manusia saja , dan tidak terdapat pada benda mati maupun benda hidup seperti pada hewan ataupun tumbuh-tumbuhan .
Manusia sebagai makhluk Tuhan memiliki sifat kodrat yaitu sifat kodrat perseorangan juga disebut makhluk pribadi dan sifat kodrat masyarakat disebut makhluk sosial . Kedua sifat kodrat manusia ini disebut sifat kodrat monodualis manusia . Manusia sebagai makhluk pribadi mengatur hubungannya untuk kepentingan diri sendiri , sedangkan manusia sebagai makhluk sosial mengatur hubungannya antar manusia yang satu dengan yang lain .


Sifat-sifat keadilan dapat dikelompokan menjadi 3 jenis :

1. Keadilan legal atau keadilan moral .
2. Keadilan Distributif .
3. Keadilan Komutatif .


Keadilan dan ketidakadilan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia karena dalam hidupnya manusia menghadapi keadilan/ketidakadilan setiap hari . Oleh sebab itu , keadilan dan krtidakadilan menimbulkan daya kreatifitas manusia . Banyak sekali hasil seni dari ketidakadilan dalam kehidupan manusia sehari-hari .


A. Kejujuran dan Kebenaran .

Kejujuran artinya adalah apa yang dikatakan seseorang sesuai dengan hati nuraninya apa yang dikatakannya sesuai dengan kenyataan yang ada . jujur juga berarti seseorang bersih hatinya dari perbuatan-perbuatan yang di larang oleh agama . Karena itu jujur berarti juga menepati janji yang terlampir melalui yang masih terkandung dalam hati nuraninya .
Kebenaran dalam moral berarti tidak palsu , tidak munafik yakni perkataannya sesuai dengan keyakinan batin dan hatinya . Demikianlah kebenaran dan kejujuran yang dilandasi oleh kesadarn moral .


B. Kecurangan

Kecurangan identik dengan ketidakjujuran sam pula dengan licik meskipun tidak serupa . Kecurangan menyebabkan manusia menjadi serakah , tamak , ingin menimbun kekayaan yang berlebihan dengan tujuan agar dianggap orang paling hebat . orang seperti itu biasanya tidak senang bila ada yang melebihi dia . kecurangan dan sifat-sifat jahat yang serupa seperti penipuan . setiap hari manusia menghadapi hal-hal buruk . bermacam-macam sebab orang melakukan kecurangan ditinjau dari hubungan manusia dengan alam sekitar ada 4 aspek yaitu aspek ekonomi , kebudayaan peradaban , dan teknik .
kecurangan banyak menimbulkan daya kreatifitas bagi seniman .


C. Pembalasan


Pembahasan disebabkan oleh adanya pergaulan yang mendapat balasan yang bersahabat . Pada dasarnya manusia adalah makhluk moral dan makhluk sosial . dalam bergaul manusia harus mematuhi norma-normanya .
oleh sebab itu tiap manusia tidak menghendaki hak dan kewajibannya dilanggar , maka manusia berusaha mempertahankan hak dan kewajibannya .




SUMBER : Hoegiono, Drs., dkk., Ilmu Budaya Dasar, Semarang , 1990.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar