Senin, 22 November 2010

MANUSIA DAN PENDERITAAN

Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan . Penderitaan juga dapat lahir maupun batin , atau lahir batin . Berbagai kasus penderitaan terdapat dalam kehidupan sehari-hari . Banyak macam kasus penderitaan sesuai dengan liku-liku kehidupan manusia . Dalam kehidupan penderitaan manusia telah menjadi salah satu gagasan dal kehidupannya .
Perkembangan dan penyebaran hasil dari teknologi modern menyebabkan penderitaan meluas dengan cepat lewad media massa . contoh kecil dari penderitaan dala sehari-hari adalah : manusia menderita kelaparan , kebakaran , penyakit , dll .
sangat jelas bagi kita semua bahwa penderitaan merupakan bagian terpenting dan menarik perhatian . Hal ini merupakan karena penderitaan merupakan bagian dari kehidupan setiap manusia . Setiap manusia pasti akan merasakan penderitaan atau musibah .

A.SIKSAAN .

Berbicara tentang siksaan terbayang di benak kita sesuatu yang sangat mengerikan . contoh kecil dari siksaan itu seperti seseorang yang memegang batangan besi yang sudah d panaskan ujungnya sampai merah dan siap ditempelkan kepada tubuh orang yang akan di siksa oleh orang tersebut . contoh siksaan seperti itu sanagt banyak terjadi di dalam masyarakat .
Siksaan dapat berupa : siksaan hati , siksaan fisik dll .
Kita dapat menilai diri kita sendiri , dimana kita dapat berdiri , dimana kita berpihak dan sejauh mana ketakwaan kita . Siksaan tak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia . setiap manusia pernah mengalami siksaan . siksaan sangat berhubungan erat dengan dosa adalah siksaan di Hari Kiamat dll .


B.RASA SAKIT

Rasa sakit adalah rasa yang sangat tidak enak bagi si penderita . sakit perut akibatnya terasa sakit atau mules perutnya , sakit gigi akibatnya terasa nyeri , sakit hati terasa akibat hatinya d sakiti oleh sang kekasih .
Rasa sakit tidak bisa di pisahkan dari kehidupan sehari-hari . Penderitaan , rasa sakit , dan siksaan merupakan rangkaian peristiwa yang satu dengan lainnya tak dapat dipisahkan , merupakan rentetan sebab dan akibat .
Segala macam rasa sakit atau penyakit yang di derita manusia tak dapat dipisahkan dari kehidupannya , karena setiap orang akan mengalaminya .


C.KASUS PENDERITAAN


Penderitaan sangat erat sekali hubungannya dengan kehidupan manusia . bahkan dapat berfungsi sebagai dinamisator manusia . Persoalan yang sering muncul di kehidupan manusia adalah mengapa manusia mengalami penderitaan , apakah penderitaan itu membahayakan kesehatan , dan jika penderitaan itu membahayakan manusia persoalan berikutnya adalah bagaimana cara kita menghindarinya .
Penderitaan bisa di simpulkan sebagai berikut :

1) Penderitaan dapat dialami oleh setiap orang .
2) Penderitaan dapat terjadi dikarenakan adanya konflik antara kepribadian dengan kondisa lingkungan yang tidak sesuai dengan harapannya .
3) Penderitaan yang dialami terlalu berat dapat meningkatkan dan dapat mengganggu jiwa seseorang .
4) Penderitaan itu dapat dihilangkan .

Dapat disimpulkan penderitaan itu tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia . karena setiap orang akan mengalami penderitaan . Penderitaan itu tidak bisa ditolak , harus diterima apa adanya dan lapang dada .





SUMBER : Drs. Suyadi, M.P., Buku materi ilmu Budaya Dasar .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar