Jumat, 26 November 2010

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

1.PANDANGAN HIDUP

Pandangan hidup dapat cenderung diikat oleh nilai-nilai sehingga berfungsi sebagai pelengkap nilai-nilai dalam pembuatan pembenaran rasionalisme ni;ai . pandangan hidup semangat pada nilai-nilai . norma berbeda dengan nilai karena digunakan untuk hampir seluruh aturan khusus , sebaliknya nilai digunakan untuk pengertian umum .
Dalam pandangan hidup ini terkandung konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan oleh suatu bangsa , terkandung pikiran-pikiran yang terdalam dan gagasan sesuatu bangsa mengenai wujud kehidupan yang dianggap baik . pada akhirnya , pandangan hidup sesuatu bangsa adalah suatu kritalisasi . nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa itu sendiri , karena itulah dalam mewujutkan pembangunan , misalnya meniru model yang dilaksanakan oleh bangsa lain tanpa menyesuaikan dengan pandangan hidup dan kebutuhan-kebutuhan kita sendiri .
Dari uraian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi pandangan hidup adalah sebagai pegangan dan pedoman bagaimana cara memecahkan masalah kehidupan bangsa yang makin maju agar kokoh lestari dan bahagia .


2.MAKNA CITA-CITA

Pandangan hidup terdiri atas cita-cita . Dalam kehidupannya manusia tidak dapat melepaskan diri dari cita-cita , kebajikan dan sikap hidup itu .
Ada tiga kategori keadaan hati seseorang keras , lunak , dan lemah . orang yang berhati keras , tak berhenti berusaha sebelum cita-citanya tercapai . ia tidak menghiraukan rintangan , tantangan , dan segala kesulitan yang dihadapinya .
Dapat disimpulkan cita adalah hati , cita-cita adalah suatu keinginan yang terkandung didalam hati . karena itu citi-cita juga berarti angan angan , keinginan , harapan , dan tujuan .


3.MAKNA KEBAJIKAN

Kebajikan atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakekatnya sama dengan perbuatan moral. manusia berbuat baik karena menurut kodratnya manusia itu baik.
Manusia adalah seorang pribadi yang utuh tediri atas jiwa dan badan. Kedua unsur itu terpisah bila manusia meninggal.
Manusia sebagai pribadi dapat menentukan baik buruk yang menentukannya itu suara hati.Suara hati semacam bisikan dalam hati untuk menimbang perbuatan baik atau tidak namun manusia sering kali tidak mau mendengarkan.
Jadi kebijakan tu adalah perbuatan yang selaras dengan suara hati kita, suara hati masyarakat dan hukum tuhan. Kebajikan berlaku sopan, santun, berbahasa baik, bertingkah laku baik, ramah terhadap siapapun, berpakaian sopan agar dilihat lebih sopan.
Demikian pula suara hati masyarakat yang menentukan baik buruk adalah suara hati masyarakat.Suara hati manuasia adalah baik, tetapi belum tentu suara hati masyarakat menganggap baik. Sebagai anggota masyarakat, manusia tidak dapat membebaskan diri dari kemasyarakatannya.


4.MAGNA SIKAP HIDUP

Sikap hidup ialah keadaan hati dalam menghadapi hidup ini. Setiap manusia mempunyai sikap dan sudah tentu tiap-tiap orang berbeda sikapnya. Sikap dapat juga berubah karena situasi, kondisi, dan lingkungan.
Dapat disimpulkan bahwa sikap hidup adalah perasaan hati dalam menghadapi hidup ini. Sikap itu bisa positif,negatif,apatis, optimis, atau pesimis. Bergantung pada orang itu dan juga lingkungannya.
Dalam rangka menciptakan keadilan sosial bagi bangsa indonesia, yang pada hakekatnya menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran bagi seluruh rakyat indonesia, pemerintah berusaha menanamkan sikap sikap positip bagi bangsa indonesia.


5.MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP.

Pandangan hidup merupakan suatu dasar atau landasan untuk membimbing kehidupan rohani dan jasmani.Berguna bagi perorangan, kelompok atau masyarakat.Dalam kehidupan perseorangan menurut gambaran Drijarko S.J.mengatakan bahwa manusia itu serba terhubung dengan dunia jasmani.
Pandangan hidup adalah filsafat hidup.Sesuai arti filsafat yaitu cinta akan kebenaran tentulah bentuk kebenaran yang akan dicapai.
Jadi pandangan hidup dapat merupakan keseluruhan garis dan kecenderungan nilai nilai yang akan dicapai untuk landasan semua dimensi kehidupannya.Dari pandangan hidup ini terpancar perbuatan, kata-kata dan tingkah laku atau tujuan yang akan dicapai.



SUMBER : BUKU ILMU BUDAYA DASAR DAN GOOGLE .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar