Kamis, 25 November 2010

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

1.MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB


Kesanggupan seseorang terhadap suatu tugas wajib atau kemudian disebut kewajiban , apabila meninggalkan tugas wajib dapat diartikan melupakan kewajiban atau tak bertanggung jawab . Sebagai contoh misalnya , "seorang guru sanggup menerima tugas mengajar sebuah mata pelajaran di suatu kelas maka itu ia akan menerima imbalannya .
Jadi dengan adanya kewajiban itu memiliki tanggung jawab karena ia melakukan tugas .
Dalam agama islam ada tugas yang bersifat :

1.Wajib , dan
2.Sunnah .


Tnggung jawab yang diperoleh karena sebagai makhluk tuhan menerima perintah untuk melaksanakan tugas kewajiban menyembah dan berbakti kepada allah .
kewajiban sosial kemasyarakatan , keluarga dan ke tuhanan ada pula kewajiban yang datangnya dari dalam dirinya sendiri .
Tanggung jawab terhadap keluarga berarti harus menjalankan tugas kewajiban dalam menghidupi keluarganya meliputi kejasmanian , hidup kejiwaan dan kerohanian seperti :
a.Mencari nafkah jasmani
b.Nafkah batin
c.Mencari pengetahuan atau pendidikan

Pada diri anak kecil dapat melakukan perbuatan-perbuatan yang tanpa tanggung jawab , sehingga apabila perbuatan seperti bermain-main dapat berakibat kebakaran atau kecelakaan bagi pihak lain , tidak akan dituntut oleh hukum karena orang dewasa mengetahui bahwa mereka belum mengerti apa yang mereka lakukan . lalu dihubungkan antara kemerdekaan pada manusia denga tanggung jawab . dipandang dari sudut kemerdekaan manusia , tanggung jawab berarti sikap atau pendiri yang menyebabkan manusia menetapkan bahwa dia hanya akan menggunakan kemerdekaan untuk melaksanakan perbuatan yang susila .


2.MAKNA TANGGUNG JAWAB

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja . Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya .
Macam tanggung jawab yaitu menurut sifat dasarnya manusia adalah makhluk bermoral ,tetapi manusia juga seorang pribadi . karena merupakan seorang pribadi mak manusia mempunyai pendapat sendiri , perasaan sendiri , dengan itu manusia berbuat atau bertindak . dalam hal ini manusia tak luput dari kesalahan , kekeliruan , baik yang disengaja maupun tidak .
Oleh karena itu dalam hal ini manusia harus bertanggung jawab atas didinya sendiri .

3.Macam-macam dari tanggung jawab

-Tanggung jawab kepada keluarga,
-Tanggung jawab kepada masyarakat,
-Tanggung jawab kepada Bnagsa/Negara,&
-Tanggung jawab kepada Tuhan.


4.MAKNA PENGABDIAN

Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan antara lain kepada raja , cinta , kasih sayang , hprmat , dan suatu ikatan semua yang dilakukan dengan ikhlas .
Timbulnnya pengabdian itu ada rasa tanggung jawab . lain halnya jika keluarga membantu teman karena ada kesulitan , mungkin berhari-hari ikut menyelesaikannya sampai tuntas .
Pengabdian d bagi menjadi 4 yaitu :
a.Pengabdian kepada keluarga ,
b.Pengabdian kepada Masyarakat,
c.Pengabdian kepada Negara,
d.Pengabdian kepada Tuhan.

Maka dapat disimpulkan pengabdian itu manusia yang hidup berkeluarga karena manusia wajib mengabdi kepada keluarga , karena anggota masyarakat , manusia wajib mengabdi kepada masyarakat . manusia sebagai anggota suatu bangsa dan negara wajib mengabdi kepada bangsa dan negaranya .


5.MAKNA KESADARAN

Kesadaran adalah keinsyafan akan perbuatannya . jadi kesadaran adalah hati yang telah terbuka atau pikiran yang telah terbuka tentang apa yang telah dikerjakan . kesadaran moral amat penting untuk diperhatikan orang karena dapat berakibat merusak nama . oleh sebab itu kesadarn moral itu perlu dijaga . semua kesadarn sangat penting karena ketidaksadarn adalah salah satu hal yg dapat menggoncangkan kepincangan dalam hidup .


6.MAKNA PENGORBANAN

Perbedaan antara pengertian pengabdian dan pengorbanan tidak begitu jelas , karena adanya pengabdian tentu ada pengorbanan . sulit dikatakan pengabdian karena kata pengabdian mengandung arti lebih rendah tingkatnya .
Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian . pengorbanan dapat juga berupa harta , pikiran , perasaan , bahkan dapat juga berupa kejiwaan . pengorbanan diserahkan secara pamrih , tanpa ada perjanjian , tanpa ada transaksi , kapan saja diperlukan .

Pengorbanan dapat dibagi menjadi 5 yaitu :

a.Pengorbanan kepada keluarga,
b.Pengorbanan kepada masyarakat,
c.Pengorbanan kepada Bangsa dan Negara,
d.Pengorbanan kepada kebenaran,
e.Pengorbanan kepada agama.


Pengorbanan ialah pemberian secara ikhlas yang berupa pikiran , harta , waktu , tenaga , bahkan mungkin nyawa , demi cinta , kesetiaan , dan mungkin juga kesetiakawanan . Manusia hidup sebagai pribadi , sebagai bangsa dan warga negara suatu negara dan juga sebagai makhluk hidup ciptaan tuhan . karena itu dalam kehidupan ada bermacam-macam jenis pengorbanan .



SUMBER :Mochtar Hadi, Ilmu Budaya Dasar, UNS, Surakarta, 1986.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar